Keren! PLN Tengah Siapkan Pengganti Genset dengan Power Bank

PT PLN menyiapkan sejumlah penemuan kreatif untuk melayani keperluan listrik masyarakat. Di antara yang disiapkan merupakan pengadaan power bank dan stasiun pengadaan listrik untuk lazim (SPLU).

Berdasarkan General Manager PLN Distribusi Jakarta Raya Syamsul Huda, pasokan listrik PLN sesungguhnya berlimpah. Tapi, keperluan listrik masyarakat yang tinggi ini belum kapabel dipenuhi sepenuhnya oleh PLN sebab terkendala jaringan infrastruktur. Sampai tidak heran apabila ditemukan sejumlah orang memilih mengambil aliran listrik secara ilegal.

“Power bank dan SPLU yakni solusi PLN untuk menyelesaikan keperluan listrik masyarakat,” kata Syamsul Huda terhadap wartawan di Yogyakarta, Kamis (20/7).

Huda membeberkan, power bank yakni solusi sementara penyediaan listrik di daerah-daerah yang belum tersedia jaringan listrik. Power bank ini berfungsi seperti adaptor dan formatnya mirip genset.

Berdasarkan Huda, oleh sebab dapat dipindah-pindahkan, karenanya power bank ini lebih efisien, lebih tepat sasaran, dan lebih bebas polusi sebab tak menerapkan bahan bakar fosil sebagaimana genset  murah pada lazimnya. “Suaranya lebih silent dan tanpa pencemaran sebab tak berasap,” kata Huda.

Huda membeberkan, power bank ini betul-betul bermanfaat bagi usaha yang sedang dalam masa konstruksi. Misalkan untuk pembangunan gedung yang membutuhkan listrik, power bank PLN ini dapat menjadi solusi sebab sistemnya disewakan. Dapat pula untuk acara yang sifatnya di luar ruang, seperti pameran, konser musik, maupun pasar malam.

Adapun untuk pemasangan konstruksinya dijalankan oleh petugas PLN. “Power bank ini sebagai substitusi genset,” kata Huda.

Huda juga mengklaim apabila ada pihak lain yang menyewakan genset lebih murah dari power bank PLN, karenanya tinggalkan. “Kami telah survei, power bank PLN tarif sewanya yang paling murah,” kata Huda.

Berdasarkan Manager Distribusi PLN Disjaya I Putu Riasa, pihaknya menginvestasikan Rp 300 juta untuk masing-masing genset. “Itu untuk kita jual genset yang 250 kva,” kata Riasa.

Mengenai SPLU, Manager Niaga PLN Disjaya Leo M Basuki membeberkan, penemuan kreatif ini menciptakan masyarakat lebih gampang menerima jalan masuk listrik. Penempatan SPLU di daerah-daerah strategis mempermudah usaha kecil menengah (UKM) memperolah jalan masuk listrik. “Dikala ini SPLU telah tersebar di 489 spot kawasan DKI,” kata Leo.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *