Menyeimbangkan Softskill dan Hardskill Pada Siswa

International School In Jakarta – Daya saing ialah hal yang sungguh-sungguh penting bagi sebuah bangsa, secara khusus dalam era globalisasi. Untuk menjadi bangsa yang berdaya saing tinggi, sebuah bangsa haruslah mandiri dan tidak tergantung dengan bangsa lain serta unggul dalam berkompetitif.

Sebuah bangsa, secara khusus semestinya memiliki keseimbangan antara soft skill dan hard skill. Kalau softskill mengacu pada kemampuan interpersonal termasuk self awareness, self improvement, self control, dan interpersonal skill. Meski Hardskill,ialah kemampuan yang sifatnya pembelajaran seperti mengetik, mengoperasikan teknologi, mengelola administrasi, berbahasa asing dan lain-lain.

Namun sayangya, Indonesia belum dapat bersaing secara lebih optimal. Daya saing Indonesia di dunia Internasional belum dapat mengunggui Negara maju lainnya seperti Singapura.

Dalam hal ini, Selain pemerintah yan turut andil, lembaga pendidikan juga menjadi lembaga yang semestinya bertanggung jawab atas kondisi hal yang demikian.

Metode singkat, energi saing yang dimilik Indonesia masih kurang, untuk itu semestinya diupayakan untuk meningkatkan sumber energi manusianya. Paling tidak, kemampuan softskill dan hardskill semestinya setara.

Wakil presiden Boediono menyatakan bahwa buruknya energi saing yang dimiliki Indonesia disebabkan oleh sistem pembelajaran yang tidak setara antara softskill dan hardskill.

Karena pendidikan di Indonesia ketika ini memang lebih terpaku pada hardskill, akan tapi kemampuan softskill juga sangatlah penting untuk dipakai. Perhatian terhadap kemampuan softskill pada dunia ada pantasnya lebih dipangku.

Sebagai isu bagi Anda, bahwa ada beberapa hal yang semestinya lebih dipertimbangkan untuk meningkatkan kemampuan softskill pada buah hati atau siswa.

Lembaga Melalui pendidikan, lebih-lebih International School In Jakarta diantaranya dengan konsisten memberikan peningkatan kemampuan softskill dan hardskill secara setara. Salah satu seumpama adalah fasilitas bagi siswa dalam aktivitas pendidikanya di sekolah internasional di Jakarta yang diberi oleh Ichtus School.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *